Meningkatkan Kompetensi: Sharing Session #4 di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Angkat Tema “Menjadi Pustakawan Unggul dan Berprestasi”,

Meningkatkan Kompetensi: Sharing Session #4 di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Angkat Tema “Menjadi Pustakawan Unggul dan Berprestasi”

Yogyakarta, Jumat Wage (17 Mei 2024) – Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pustakawan dan perpustakaan, Ditjen Nakes dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan Kegiatan Sharing Session #4 dengan tema “Menjadi Pustakawan Unggul dan Berprestasi”. Acara ini berlangsung di Panggung Literasi Lantai 1 Gedung Grha Literasi Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Sesi ini menghadirkan tiga narasumber dengan keahlian masing-masing. Narasumber pertama, Ida Fajar Priyanto, Ph.D, dosen dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pengembangan profesional bagi pustakawan. Narasumber kedua, Nadia Amelia Q.A, S.Hum, M.A, yang merupakan Pustakawan Muda Ditjen Nakes, menyampaikan materi tentang “Sukses dengan Menjadi Pustakawan”. Narasumber ketiga, Sapto Harmoko, S.IP, M.A, Kepala Unit Perpustakaan Poltekkes Yogyakarta, membagikan tips praktis dalam presentasinya yang berjudul “Tips Menjadi Pustakawan Berprestasi”.

Moderator pada sesi ini adalah Azahra Husna, Duta Baca Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang memandu jalannya diskusi dengan interaktif. Acara diawali oleh MC Siti Nur Asiyah, juga Duta Baca Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang membuka dan memeriahkan suasana.

Peserta yang hadir dalam acara ini sebanyak 72 orang, baik secara luring maupun daring, yang terdiri dari pustakawan di lingkungan Ditjen Nakes. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pustakawan dengan keterampilan dan pengetahuan terbaru agar mereka dapat terus berprestasi dan memberikan layanan terbaik di perpustakaan masing-masing.

Melalui Sharing Session #4 ini, diharapkan para pustakawan dapat memperoleh inspirasi dan motivasi untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri dalam profesi mereka, sehingga mampu menjadi pustakawan yang unggul dan berprestasi.

Ditjen Nakes dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Sharing Session Kerjasama Internasional untuk Tingkatkan Kualitas Perpustakaan,

Ditjen Nakes dan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Sharing Session Kerjasama Internasional untuk Tingkatkan Kualitas Perpustakaan

Yogyakarta, Kamis Pon (16 Mei 2024) – Dalam upaya meningkatkan kualitas perpustakaan di lingkungan Ditjen Nakes melalui kerjasama internasional, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan (Ditjen Nakes) bersama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan Kegiatan Sharing Session #3 dengan tema “Organisasi Profesi Pustakawan dan Kerjasama antar Perpustakaan di tingkat internasional”. Acara ini bertempat di Panggung Literasi Lantai 1 Gedung Grha Literasi Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber utama. Narasumber pertama, dr. Sri Wahyuni, MSc, yang merupakan Katimja Penyiapan Lulusan Poltekkes ke Luar Negeri dan Dalam Negeri di Ditjen Penyediaan Tenaga Kesehatan, memaparkan materi mengenai “Kebijakan Ditjen Nakes dalam pelaksanaan kegiatan Kerjasama Luar Negeri untuk Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI serta Organisasi Profesi Pustakawan di Tingkat Internasional”. Narasumber kedua, Safirotu Khoir, PhD, membahas topik “Organisasi Profesi Pustakawan dan Kerjasama Antar Perpustakaan di Tingkat Internasional”.

Acara ini dimoderatori oleh Rizqi Amanullah, SKM., MH., yang merupakan Penanggung Jawab Kerjasama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes, membuka acara dengan sambutan awal, diikuti oleh sambutan dari Lufthans Arstipendy, Katimker Humas, Perpustakaan dan KSLN. Pembukaan acara dipandu oleh MC Duta Baca Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Azahra Husna.

Hadir dalam acara tersebut Nadia Amelia Q dan Adyta Astiputri yang merupakan TIM Humas, Perpustakaan dan KSLN, serta Yetty Azriani, DCN, MPH dan Sonya Sobrina dari Staf Katimja Penyiapan Lulusan Poltekkes ke Luar Negeri dan Dalam Negeri, Dit. Penyediaan Tenaga Kesehatan. Acara ini diikuti oleh 80 peserta, baik secara luring maupun daring, yang terdiri dari pustakawan di lingkungan Ditjen Nakes.

Kegiatan Sharing Session #3 ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama internasional dalam bidang perpustakaan dan memperkuat profesionalisme pustakawan di lingkungan Dijen Nakes.

 

Kunjungan Menteri Kesehatan di Grha Literasi Husada

Kunjungan Menteri Kesehatan di Grha Literasi Husada

Foto Bersama Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin

Foto Bersama Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin

library.poltekkesjogja.ac.id – Yogyakarta, Rabu Pahing (31/01/2024) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dikunjungi oleh Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin serta Ditjen Nakes Drg. Arianti Anaya MKM bersama staff. Kunjungan tersebut dalam rangka peresmian Gedung Rusun Asrama Mahasiswa bersama dengan Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono serta dilanjutkan peresmian Gedung Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara tersebut berlokasi di Rusun Asrama Mahasiswa yang berlokasi di Barat gedung Auditorium Grha Bina Husada.

Setelah acara peresmian selesai, Bapak Budi Gunadi Sadikin bersama Drg. Arianti Anaya dan staff menteri dan didampingi Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyempatkan untuk berkunjung ke Gedung Grha Literasi Husada Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Meskipun cuaca hujan gerimis, Menteri Kesehatan tetap antusias untuk berkunjung ke Perpustakaan Terpadu.

Kunjungan Menteri Kesehatan ke Ghra Literasi Husada bertujuan untuk meninjau gedung Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selain melihat kondisi gedung, Menteri Kesehatan juga menyempatkan untuk menyapa beberapa mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berkunjung ke perpustakaan. Sebelum mengakhiri kunjungan di Grha Literasi Husada, Menteri Kesehatan menyempatkan untuk berfoto bersama mahasiswa, staff dan karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Diharapkan dengan kunjungan Menteri Kesehatan ke Perpustakaan Terpadu Grha Literasi Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dapat membuat perpustakaan menjadi lebih baik dalam melakukan layanan literasi.

Penulis : Ivan | Editor : Rini