Kunjungan Menteri Kesehatan di Grha Literasi Husada

Kunjungan Menteri Kesehatan di Grha Literasi Husada

Foto Bersama Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin

Foto Bersama Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin

library.poltekkesjogja.ac.id – Yogyakarta, Rabu Pahing (31/01/2024) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dikunjungi oleh Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin serta Ditjen Nakes Drg. Arianti Anaya MKM bersama staff. Kunjungan tersebut dalam rangka peresmian Gedung Rusun Asrama Mahasiswa bersama dengan Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono serta dilanjutkan peresmian Gedung Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara tersebut berlokasi di Rusun Asrama Mahasiswa yang berlokasi di Barat gedung Auditorium Grha Bina Husada.

Setelah acara peresmian selesai, Bapak Budi Gunadi Sadikin bersama Drg. Arianti Anaya dan staff menteri dan didampingi Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyempatkan untuk berkunjung ke Gedung Grha Literasi Husada Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Meskipun cuaca hujan gerimis, Menteri Kesehatan tetap antusias untuk berkunjung ke Perpustakaan Terpadu.

Kunjungan Menteri Kesehatan ke Ghra Literasi Husada bertujuan untuk meninjau gedung Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selain melihat kondisi gedung, Menteri Kesehatan juga menyempatkan untuk menyapa beberapa mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berkunjung ke perpustakaan. Sebelum mengakhiri kunjungan di Grha Literasi Husada, Menteri Kesehatan menyempatkan untuk berfoto bersama mahasiswa, staff dan karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Diharapkan dengan kunjungan Menteri Kesehatan ke Perpustakaan Terpadu Grha Literasi Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dapat membuat perpustakaan menjadi lebih baik dalam melakukan layanan literasi.

Penulis : Ivan | Editor : Rini
Bedah Buku “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan”, ,

Bedah Buku “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan”

Bedah Buku : Menyiapkan Soft Skills Bagi lulusan Mahasiswa Kesehatan

Pelaksanaan Bedah Buku Menyiapkan Soft Skills Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan (Senin Legi, 11 Desember 2023)

library.poltekkesjogja.ac.id – Yogyakarta, Senin Legi (11/12/2023) melalui Unit Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah terselenggara kegiatan bedah buku secara luring dan daring dengan buku berjudul “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan”. Acara ini dihadiri oleh Civitas Akademika POLKESYO serta menghadirkan Bapak Dwi Suwiknyo, S.E.I., M.S.I dari Pesantren Penulis, sebagai narasumber serta penulis buku “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan” yakni Ns. Maryana, S.Si.T., S.Psi., S.Kep., M.Kep, Dr. Agus Wijanarka, S.Si.T., M.Kes., Ibu Eko Suryani, S.Pd., S.Kep., M.A., Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes., dan Ibu Herni Endah Widyawati, S.Tr.Gz yang diwakilkan oleh Ns. Maryana, S.Si.T., S.Psi., S.Kep., M.Kep. Tujuan diadakan acara Bedah Buku ini adalah civitas akademika polkesyo dapat memahami khasanah pengetahuan, memahami isi dari buku “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan” dan menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan dari buku tersebut serta diharapkan pula menambah semangat civitas akademika polkesyo untuk menerbitkan buku.

Acara Bedah Buku dibuka dengan sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Direktur 2, Dr. Agus Wijanarka, S.Si.T., M.Kes. dalam sambutannya beliau menekankan bahwa Soft Skill menempati urutan 10 teratas alasan seseorang bisa sukses di dunia kerja. beliau berujar bahwa dengan Pengembangan Soft Skill yang baik seorang tenaga kesehatan dapat dikatakan menjadi seorang pribadi yang PARIPURNA, dari segi hard skill dan juga soft skill semua harus dilatih dengan semangat yang tinggi. beliau berharap dengan adanya buku ini, civitas akademika dapat meningkatkan skill soft skill khususnya Emotional Quotients (EQ).

Sesi inti diisi dengan sesi Bedah Buku yang di moderatori oleh Duta Baca POLKESYO tahun 2023, Saudari Ranti Puspita Putri Laoegi. Sesi ini diawali dengan pemaparan inti buku oleh para penulis di wakilkan oleh Ns. Maryana, S.Si.T., S.Psi., S.Kep., M.Kep. Beliau memaparkan bahwa tenaga kesehatan perlu memilih kemampuan interaksi sosial yang baik karena hal ini mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. kemampuan bersosialisasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan memperkuat hubungan antara pasien maupun tenaga kesehatan Interprofesional. Beliau juga memberikan saran dengan buku ini beliau menyarankan kegiatan apa yang dapat mempermudah kita untuk mengenali diri kita sendiri yakni Johari Window dan juga 7 Habits, dengan kegiatan tersebut kita mampu menilai diri kita dari sudut pandang orang disekitar sehingga diharapkan kedepannya civitas akademika POLKESYO dan juga pembaca buku “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan” dapat memaksimalkan meningkatkan soft skill yang ada melalui kegiatan-kegiatan tersebut. Output yang diharapkan lulusan kesehatan dapat memenuhi harapan kualitas lulusan yakni kemampuan berkomunikasi yang baik dan jujur.

Sesi selanjutnya adalah sesi pembedahan buku oleh Bapak Dwi Suwiknyo. “Saya sangat sedih ketika selesai membaca buku ini. sedih mengapa buku seperti ini tidak ada ketika zaman saya berkuliah dulu. ini sangat praktis” tutur Bapak Dwi Suwiknyo sebagai Pembedah Buku. Beliau juga menambahkan bahwa buku ini sangat relevan dengan era saat ini bahkan bisa digunakan bukan hanya ketika sudah lulus namun juga ilmu-ilmunya dapat diterapkan ketika sedang dalam masa studi sebagai mahasiswa. Jenis Buku yang digunakan adalah Ilmiah Populer, tulisan-tulisan dalam buku ini begitu ringan sangat cocok sebagai bacaan santai namun penuh ilmu. Metodologi dalam buku ini meliputi 3K, Konsep berupa daftar isi, Konten berupa perpaduan teori dan kisah inspiratif, dan Konteks berupa praktik yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja tidak hanya ketika lulus. Terdapat beberapa kekurangan dari buku ini yakni kurangnya penempatan pembagian penulis di persub-babnya dan juga beberapa gambar tidak menyertakan sumber gambar tersebut.

Acara Bedah Buku dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang sangat interaktif. waktu yang tersedia tidak cukup untuk menerima semua pertanyaan dari teman-teman civitas akademika yang sangat antusias. Acara diakhiri dengan Pembagian Doorprize berupa 10 Buku “Menyiapkan Soft Skill Bagi Lulusan Mahasiswa Kesehatan” untuk teman-teman peserta, civitas akademika maupun Duta Baca POLKESYO 2023 yang memberikan pertanyaan dan spinner nama peserta. Acara berakhir dengan lancar ditutup dengan Salam Literasi!

Penulis : Ranti Puspita Putri Laoegi | Editor : Sapto
Perpustakaan Polkesyo meraih prestasi gemilang dengan meraih Juara Harapan 2 dalam ALIA-ACADEMIC LIBRARY INOVATION Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Pusat

Perpustakaan Polkesyo meraih prestasi gemilang dengan meraih Juara Harapan Ke-2 dalam ALIA-ACADEMIC LIBRARY INNOVATION Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Pusat

library.poltekkesjogja.ac.id – Semarang, 2 November 2023, Perpustakaan Polkesyo meraih prestasi gemilang dengan meraih Juara Harapan 2 dalam ALIA-ACADEMIC LIBRARY INNOVATION Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia di Semarang. Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi dan inovasi yang luar biasa dalam mengembangkan layanan perpustakaan untuk mendukung kebutuhan akademik di lingkungan perguruan tinggi.