GoRepository

 Go Repository, merupakan program sosialisasi untuk mengajak civitas akademika memanfaatkan dan mengelola informasi dengan cara unggah karya ilmiah kelembagaan ke repository Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
 
Institutional Repository (IR) merujuk ke sebuah kegiatan menghimpun dan melestarikan koleksi digital yang merupakan hasil karya intelektual dari sebuah komunitas tertentu. Penekanan yang diberikan pada konsep “institutional” atau kelembagaan adalah untuk menunjukkan bahwa materi digital yang dihimpun memiliki keterkaitan erat dengan lembaga penciptanya (Pendit, 2008:137).

Repository poltekkesjogja adalah suatu wadah untuk mengumpulkan, mengelola, menyebarkandan melestarikan institusional repository seluruh karya ilmiah, seperti, skripsi, karya tulis ilmiah, makalah dosen, laporan penelitian yang dihasilkan civitas akademika.dalam pengelolaan repository ini perpustakaan poltekkes kemenkes Yogyakarta menggunakan aplikasi Eprints. Untuk dapat mengakses koleksi repository ini atau lebih sering menggunakan istilah digital libary melalui  URL http://eprints.poltekkesjogja.ac.id

Penelusuran digital library Repository

            Penelusuran digital library institutional Repository dengan menggunakan alamat URL http://eprints.poltekkesjogja.ac.id,  atau klik icon  Repository PolkesyoDigital library institutional Repository ini memiliki tiga fasilitas kemudahan dalam penelusuran sesuai sesuai dengan kebutuhan pemustaka antara lain :

1. Simple Search / Pencarian sederhana

Ketik kata kunci sesuai dengan kebutuhan informasi yang akan dicari

2. Middle Search / Pencarian berdasarkan kategori.

Carilah data berdasarkan pengelompokan / kategori tahun (browse by year), subjek (browse by subjek), divisi (browse by division), atau penulis (browse by author). Cara pencarian : klik menu “Browse” dan pilih pengelompokan atau kategori sesuai dengan yang diinginkan.

3. Advance Search / Pencarian lanjutan

Penelusuran dengan menggunakan fungsi boolean logic. Penelusuran digunakan untuk megetahui detil  dan pasti tentang informasi yang diinginkan. Cara penelusuran lanjutan : dobel klik pada menu “Pencarian Data Repository” pada halaman home.

Selanjutnya muncul form seperti dibawah ini :

Untuk melihat hasil yang sudah ditemukan dengan cara klik dua kali pada judul file yang diinginkan, sedangkan untuk mengunduh full-text cukup pilih menu mengunduh di bawah icon dalam halaman review.

Form permintaan Username dan Password akses Institusional Repositori, klik icon dibawah ini :