Pentingnya Kesehatan Jiwa dari Bedah Buku “Keperawatan Jiwa Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa : Gangguan Jiwa dan Psikososial”

Rabu, 24 Februari 2021 09:00 WIB

Yogyakarta, library.poltekkesjogja.ac.id – Banyak kasus gangguan jiwa akhir-akhir ini terjadi di masyarakat. Dengan adanya berbagai kasus tersebut diharapkan  mahasiswa dapat memahami, merencanakan dan memberikan asuhan jiwa secara sistematis dan komprehensif.

Buku yang ditulis oleh Bapak Ns. Sutejo, M.Kep., Sp. Kep.J (Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta) yang berjudul “Keperawatan Jiwa Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa : Gangguan Jiwa dan Psikososial” yang diterbitkan oleh Pustaka Baru Press cetakan ke dua 2019, Pada acara bedah buku ini penulis memaparkan isi buku dengan sangat menarik mulai dari bagian I Asuhan Keperawatan Gangguan Jiwa sampai dengan bagian II Asuhan Keperawatan Psikososial.

Buku Keperawatan Jiwa ini dibedah oleh Ibu Dr. Ns. Mamnu’ah, M.Kep., Sp.Kep.J (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta) dan dimoderatori Bapak Sarka Ade Susana, SIP, S.Kep., MA (Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta) dalam acara yang diadakan Unit Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di Yogyakarta, Rabu (24/02/2021) secara virtual.

Menurut Dr. Ns. Mamnu’ah, M.Kep., Sp.Kep.J Pemaparan materi dalam buku ini sudah cukup lengkap karena tidak hanya mengenai gangguan jiwa saja, tetapi juga mengenai aspek psikososial., Buku sangat direkomendasikan untuk bisa dibaca mahasiswa maupun para praktisi karena bahasa cukup mudah dimengerti, Perkembangan sejarah keperawatan jiwa dari luar negeri dan Indonesia kemudian dikaitkan dengan pendidikan keperawatan jiwa sudah tercantum dalam buku tersebut, Konsep-konsep secara umum sudah dijelaskan terutama masalah skizofrenia karena kasus-kasus gangguan jiwa berat di Jogja cukup banyak, Diagnosa dan terapi-terapi seperti terapi aktivitas kelompok maupun terapi modalitas telah diulas juga dalam buku ini, Obat-obatan merupakan hal penting untuk kita ketahui terutama psikofarmaka juga sudah dijelaskan sampai ke efek samping secara detil oleh penulis.

Peserta bedah buku virtual kali menarik perhatian para pustakawan, pengelola perpustakaan, dosen keperawatan, mahasiswa keperawatan, total jumlah peserta bedah buku virtual yang mencapai 165 peserta. Menariknya acara ini dapat dilihat dari antusiasme audience untuk bertanya.

Acara Webinar bedah buku sesi 9 ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum, akademisi, tenaga kesehatan dan mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai isi dari sebuah buku.

Penulis : Sapto 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.