Bedah Buku ‘Global Planning Innovation for Urban Sustainbility’, kita mampu mengelola limbah padat di Indonesia.

library.poltekkesjogja.ac.id – Dalam rangka mewujudkan program strategi promosi perpustakaan POLKESYO yang diberi nama GoLib, pada hari Jum’at kliwon (19/7/2019) Perpustakaan Polkesyo menyelenggarakan acara Go Coffee Books atau bedah buku. Pada kali keempat ini yang dibedah adalah buku berjudul “Global Planning Innovation for Urban Sustainbility, Chapter 7, SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”, penulis Dr Iswanto, S.Pd, M.Kes , dengan  menghadirkan Panelis pembedah buku Prof. Lucky Herawati, SKM, M.Sc dan dimoderatori oleh Denny Iswara .

Acara yang akan dimulai pada pukul 09.00 Wib ini  mampu menghadirkan para penggemar buku dari civitas akademika POLKESYO. Terlebih para penggemar buku yang mendalami tentang kesehatan lingkungan. Diskusi ini menarik karena tema yang disajikan akan memberikan pengetahuan terkait inisiatif inovatif yang berhasil dalam pengelolaan limbah padat di Indonesia. Sukunan, sebuah desa yang terletak di daerah pinggiran kota Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah Sebuah proyek dirancang dan didorong oleh lingkungan masyarakat setempat di sebuah kegiatan kolektif dan terorganisir sejak 2004. Tidak hanya berkelanjutan dan meningkat selama 13 tahun, tetapi juga direplikasi oleh komunitas lain di Provinsi Yogyakarta dan Indonesia.

Menariknya acara ini dapat dilihat dari antusiasme audience untuk bertanya diawali oleh Bapak Primiaji (dosen jurusan gizi POLKESYO), menanyakan ‘Bagaimana menggerakkan individu dan masyarakat Sukunan dalam mengolah sampah dan bagaimana mengedukasi pendatang (warga pendatang dan anak kos) agar ikut menjaga lingkungan, tidak mengacak-acak budaya bersih yang sudah terbentuk dengan baik?; Saudari Nirma (mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan), bagaimana caranya mengindonesiakan sukunan, mengindonesiakan sadar lingkungan, mengelola sampah dan menjadikan desa wisata-desa wisata sejenis ke seluruh Indonesia?; Bapak Agus Sarwo (dosen keperawatan) bertanya, ‘bagaimana mengatasi permasalahan sampah di lingkungan terdekat, contoh, makanan sisa di kantin kampus atau makanan sisa di hajatan?’, tema lingkungan memang sangat menarik dan dibahas.

Lebih menarik lagi program bedah buku  ini  dilanjutkan dengan tips dan trik penulisan artikel di jurnal internasional bereputasi oleh Prof. Dr. Lucky Herawati, SKM, M.Sc.

Kesimpulan acara dari moderator, ‘Kita sebagai mahasiswa diharapkan untuk bisa dan berani memulai langkah kecil baru, karena dengan hal kecil yang dilakukan dengan istiqomah pasti akan membuahkan hasil. Dalam pengolahan sampah harus ada komitmen dan keseriusan masyarakat dalam pelaksanaannya agar dapat terealisasikan dan terciptanya perubahan pada sikap masyarakat dan lingkungan yang sehat. (Sh)

Salam literasi…!!! Baca…baca… bacaa…!!!

#kemenkes #germas #polkesyo #libpolkesyo #golib #gocoffeebooks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *