Bedah Buku “Global Planning Innovation for Urban Sustainbility, Chapter 7, SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”.

BEDAH BUKU

“Global Planning Innovation for Urban Sustainbility ,

Chapter 7,  SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”.

 

PENDAHULUAN

Dunia buku adalah suatu media yang memberikan gambaran untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. Setiap pembaca memiliki cara dan sudut yang berbeda dalam menggambarkan sesuatu sehingga menjadi sebuah pengetahuan yang benar dan berguna. Disinilah letak keistimewaan dari sebuah buku yang memberikan gambaran dan kebebasan bagi para pembaca untuk berpengetahuan sehingga memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Manakala informasi dan data sekadar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan, maka pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Inilah yang disebut potensi untuk menindaki. Seorang penulis buku mempunyai tujuan memberikan pesan-pesan tersurat dan tersirat dalam isi buku yang disajikan. Beberapa pesan yang dituliskan meliputi pesan moral, pesan psikologi pelaku dan suasana   yang   digambarkan   dan   pesan   tentang   sudut   pandang   penulis   terhadap   suatu permasalahan.

Era globalisasi memunculkan banyak media guna menambah pengetahuan, dengan daya tarik serta kelebihan yang ditawarkan, membuat dunia buku atau tulis kehilangan beberapa pembaca buku beralih pada media lain yang dirasa lebih dapat memberikan tawaran dalam penggambaran sesuatu secara lebih jelas dan nyata. Dalam rangka mewujudkan program strategi promosi gemar membaca Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang diberi nama GoLib, salah satu program GoLib Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu menyelenggarakan acara Go Coffee Books. Kegiatan ini merupakan acara diskusi ringan mengenai tema yang sedang popular dimasyarakat dan bedah buku hasil karya civitas akademika yang dikemas dalam bentuk talkshow sambil menikmati kopi dan snack ringan. Pada kali keempat  ini yang dibedah adalah buku berjudul “Global Planning Innovation for Urban Sustainbility , Chapter 7,  SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”.

Peningkatan limbah, merupakansalah satu dampak negatif dari aktivitas manusia, sangat dibutuhkan harus ditangani dalam mengejar pembangunan berkelanjutan. Agenda PBB 2030 yang menetapkan dasar untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) mengidentifikasi pengurangan dan daur ulang limbah sebagai target : ‘Pada tahun 2030, pengurangan secara substansial timbunan sampah melalui pencegahan, pengurangan, daur ulang, dan penggunaan kembali ’(Target 12.5, UN 2015). Pengelolaan limbah memerlukan upaya terkoordinasi di tingkat lokal dan dapat dilakukan oleh sektor publik (pemerintah daerah), sektor swasta dan masyarakat sipil (komunitas terorganisir dan organisasi non-pemerintah) bab 7 pada Buku Global Planning Innovation for Urban Sustainbility Ini menganalisis inisiatif inovatif yang berhasil dalam pengelolaan limbah padat di Indonesia. Sukunan, sebuah desa yang terletak di daerah pinggiran kota Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah Sebuah proyek dirancang dan didorong oleh lingkungan masyarakat setempat di sebuah kegiatan kolektif dan terorganisir sejak 2004. Tidak hanya berkelanjutan dan meningkat selama 13 tahun, tetapi juga direplikasi oleh komunitas lain di Provinsi Yogyakarta dan Indonesia.

Kegiatan bedah buku ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran yang tidak ternilai harganya, selain itu juga menginspirasi civitas akademika POLKESYO tidak hanya gemar membaca, akan tetapi juga gemar menulis dan menerbitkan buku, maupun jurnal internasional yang mampu membawa POLKESYO Unggul, Berbudaya dan Mendunia.

 TEMA KEGIATAN

Pada kegiatan bedah buku ke 4 terdapat dua kegiatan :

Kegiatan bedah buku berjudul: Global Planning Innovation for Urban Sustainbility , Chapter 7,  SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”.

  1. Pengalaman menulis Book Chapter Internasional. (Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes)
  2. Strategi publikasi pada jurnal internasional. (Prof. Dr. Lucky Herawati, SKM, M.Sc)

TUJUAN DAN TARGET KEGIATAN

  1. Membuka khasanah pengetahuan melalui bedah buku.
  2. Memahami Kelestarian lingkungan melalui pengelolaan limbah berbasis masyarakat dan ekowisata.
  3. Menambah semangat menulis bagi civitas akademika POLKESYO untuk diterbitkan dibuku dan jurnal internasional.

IDENTITAS BUKU

 

Gambar 1. Buku Global Planning Innovation for Urban Sustainbility.

Judul Buku : Global Planning Innovation for Urban Sustainbility,

Chapter 7,  SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”.

Penulis : Dr Iswanto, Sita Rahmani, Sonia Roitman.
Tebal : xvi, 216 halaman.
Penerbit

Tahun

:

:

Routledge

2019

 

 PENULIS & PANELIS BEDAH BUKU

  1. Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes(Penulis Buku).
  2. Dr. Lucky Herawati, SKM, M.Sc(Penelis, Guru Besar pertama di Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta dan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Republik Indonesia).

IDENTITAS PENULIS BUKU

Dr Iswanto

Dr Iswanto adalah Dosen Kesehatan Lingkungan di Politeknik Kesehatan, Yogyakarta sejak 1999. Dia adalah anggota dewan Asosiasi Spesialis Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), dan pelopor pengelolaan limbah padat berbasis masyarakat di Desa Sukunan dan Indonesia. Dia adalah kepala Asosiasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Provinsi Yogyakarta (2009-2015). Ia telah menerima beberapa penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Indonesia (2004) dan dosen terbaik di Politeknik Kesehatan Yogyakarta (2004).

Sita Rahmani

Sita Rahmani memiliki gelar Sarjana Teknik dalam Perencanaan Wilayah dan Kota dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Indonesia. Minat utamanya adalah masalah manajemen lingkungan dan pembangunan daerah. Dia telah bekerja sebagai asisten peneliti di beberapa proyek, termasuk proyek yang didanai oleh University of Queensland, Australia. Sita sekarang berafiliasi dengan Departemen Ilmu dan Teknik Transdisipliner di Institut Teknologi Tokyo di Jepang.

Sonia Roitman

Roitman bergabung dengan University of Queensland pada 2013 setelah penunjukan akademik, penelitian dan profesional sebelumnya di University College London (UK), Sekolah Studi Afrika dan Oriental (SOAS, Inggris), Free University Berlin (Jerman), Universidad Nacional de Cuyo            ( Argentina), Consejo Nacional de Ciencia y Técnica (CONICET-Argentina), dan Secretaría de Ambiente y Desarrollo Sustentable, Gobierno de Mendoza (Argentina). Dia telah tinggal dan bekerja di Argentina, Inggris, Jerman, Meksiko dan Uganda. Kontribusinya di bidang perencanaan pembangunan dan sosiologi perkotaan termasuk penelitian berpengaruh pada kebijakan perumahan; komunitas yang terjaga keamanannya; segregasi perkotaan dan pengucilan sosial; perencanaan kota, kota tepi dan pertumbuhan; kebijakan pembangunan dan pengentasan kemiskinan internasional.

ALAMAT PENERBIT

Routledge

2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 4RN

and by Routledge

52 Vanderbilt Avenue, New York, NY 10017

 

 PESERTA KEGIATAN

  1. Mahasiswa
  2. Dosen dan Karyawan
  3. Organisasi Intra Kampus (BEM/HMJ)
  4. Masyarakat Umum

 

SEKRETARIAT PANITIA KEGIATAN

PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta

Telp. 0859 7545 5050, Email : lib@poltekkesjogja.ac.id

 

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari / Tanggal : Jumat Kliwon, 19 Juli 2019
Waktu : Pukul 09.00 – 11.00 WIB
Tempat : Lobby Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Tatabumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman

 JADUAL KEGIATANBEDAH BUKU

Judul Buku : “Global Planning Innovation for Urban Sustainbility,

Chapter 7,  SUKUNAN VILLAGE, YOGYAKARTA, INDONESIA : Environmental sustainability through community-based waste management and eco-tourism”.

Hari / Tanggal

Pukul

:

:

Jum’at Kliwon, 19 Juli 2019

08.30 – 11.00 WIB.

Tempat : Lobby Poltekkes Kemenkes Yogyakarta,

Jl. Tatabumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *