Pojok Layanan 3T Perpustakaan POLKESYO,

POJOK LAYANAN 3T

(TIMBANG, TENSI, TERAPI MEWARNAI)

library.poltekkesjogja.ac.id – Gaya hidup jaman sekarang yang kurang baik seperti merokok, diet tidak sehat, maupun kurang aktivitas fisik merupakan beberapa faktor penyebab tingginya angka PTM di Indonesia. Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak menyadari ancaman terkena PTM. Kurangnya deteksi ini pada akhirnya berujung pada keterlambatan diagnosis dan pengobatan. PTM bisa ditanggulangi, terutama dengan gaya hidup sehat. Aktivitas fisik di manapun dan kapanpun, berhenti makan sebelum kenyang, makan dengan diet seimbang. Yang tak kalah penting, masyarakat dihimbau untuk mau melakukan deteksi dini rutin. Salah satunya adalah dengan menimbang berat badan dan cek tensi secara berkala.

Mulai Januari 2021 Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta membuka pojok layanan baru yaitu Pojok Layanan 3T. Pojok layanan 3T diadakan berdasarkan SK Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta No. HK.01.07/5/596/2021 tentang Tim Layanan Pojok 3T. Pojok layanan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas bagi pemustaka yang ingin mengontrol berat badan dan tensi secara mandiri. Terapi yang disediakan adalah art theraphy atau terapi seni khususnya mewarnai. Manfaat dari art theraphy yang diambil dari beberapa sumber referensi, antara lain adalah untuk mengatasi masalah kecemasan, menstimulasi fungsi mental, sebagai ekspresi diri dan perasaan, meningkatkan rasa harga diri, dan melepaskan stres.

Pojok layanan 3T diharapkan dapat membantu pemustaka untuk melakukan deteksi dini secara rutin. Layanan ini bisa dilakukan secara mandiri dan pemustaka dapat mencatat hasilnya pada formulir yang sudah disediakan. Ke depan secara rutin setiap bulan akan ada praktisi kesehatan yang diundang sebagai narasumber sesuai tema yang diangkat. Selain itu praktisi kesehatan juga dapat memberikan konsultasi gratis bagi para pemustaka yang membutuhkan. Sudahkah Anda menggunakan layanan 3T ini? Mari berkunjung ke perpustakaan dan jangan lupa untuk mampir ke Pojok Layanan 3T.

Penulis : Sudaryati Setyorini, S.I.Pust

Editor : Sapto Harmoko, SIP., M.A

 



web counter

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.