Duta Baca 2021 foto bersama Juri. Yogyakarta, Senin Wage (29/11/2021).

library.poltekkesjogja.ac.id – Perpustakaan Polkesyo kembali menggelar Pemilihan Duta Baca Perpustakaan 2021 (Senin Wage, 29 November 2021). Pemilihan Duta Baca Perpustakaan Polkesyo telah memasuki tahun kelima. Gelar Pemilihan Duta Baca 2021 merupakan sebuah tanggung jawab untuk mempromosikan serta mengkampanyekan nilai positif Perpustakaan Polkesyo.

Semua peserta yang mendaftar wajib mengikuti proses seleksi yang telah dijadwalkan oleh panitia. Pada tahun ini ada 28 mahasiswa dari enam jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang mendaftar dalam pemilihan duta baca. Tema pemilihan duta baca perpustakaan tahun ini adalah Optimalisasi Perpustakaan dan Teknologi sebagai Pendukung Pembelajaran di Masa Pandemi. Peserta pemilihan duta baca perpustakaan diwajibkan mengikuti semua tahapan yaitu pembekalan, ujian tulis, ujian wawancara, yang dilaksanakan secara bertahap dan dengan metode daring.

Puncak Pemilihan Duta Baca 2021 digelar pada hari Senin, 29 November 2021 pukul 09.00 – 12.00 WIB di  Auditorium  Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada puncak acara yang dilaksanakan secara daring dan luring melalui zoom meeting ini dihadiri oleh Direktur Polkesyo, Wakil Direktur 1, 2 dan 3, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Ketua BEM, Ketua HMJ, dan Pustakawan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta para tamu undangan lainnya.

Para finalis duta baca disaring menjadi 10 besar dan harus mengikuti final judgement di depan dewan juri yang terdiri dari Heri Abi Burachman, SIP, M.A.  (Ketua FPPTI DIY), Citra Dewi Harmia (Debate Coaching) dan Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, M.A (Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni POLKESYO) untuk mencari siapa yang akan menjadi pemenangnya.

Penampilan dari UKM Paduan Suara, UKM Tari dan Grup Line Dance Polkesyo yang mempersembahkan lagu dan tarian untuk  selingan hiburan sambil menunggu para juri bersidang. Hasil lengkap Pemilihan Duta Baca Perpustakaan Polkesyo 2021 adalah  sebagai berikut :

Juara 1             :   Aisyah Nur Rohmah (Prodi ST Keperawatan Anestesi)

Juara 2             :   Dyah Hapsari Muliajati  (Prodi DIII Sanitasi)

Juara 3             :   Ali Syahid Syaifulloh (Prodi ST Keperawatan)

Juara Harapan 1:  Hertami Prananingsih   (Prodi DIII TLM)

Juara Harapan 2:  Zenanda Pramestika  (Prodi DIII Sanitasi)

Juara Favorit   :    Putri Andini (Prodi ST Keperawatan Anestesi)

Juara Favorit dinilai dari video yang dibuat sesuai tema dan di upload serta banyaknya like di Instagram @dutabacapolkesyo. Para pemenang mendapatkan trophy, bantuan beasiswa, dan sertifikat.

Duta Baca terpilih akan mengemban tugas selama 1 tahun ke depan sebagai promotor untuk menarik minat baca mahasiswa Polkesyo. Peran Duta Baca diharapkan bisa membantu mengajak mahasiswa Polkesyo dan masyarakat untuk tetap mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan yang dapat diakses secara online. Duta baca terpilih diharapkan mampu menjadi penggerak budaya baca di lingkungan Polkesyo. Duta baca juga diharapkan untuk membantu optimalisasi pemanfaatan perpustakaan dan teknologi sebagai pendukung pembelajaran di masa pandemi. (Penulis : Sudaryati Setyorini ǀ Editor : Sapto Harmoko)