Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Selenggarakan Webinar Nasional

Yogyakarta, Rabu, 21 April 2021

Dalam rangka rangkaian Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang ke-20, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyelenggarakan webinar nasional dengan tema, “Peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa sebagai bahan koleksi institutional repository”

Pada pukul 09.00 acara webinar dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Joko Susilo, SKM,M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa hal yang patut ditingkatkan adalah kualitas karya dosen dan mahasiswa agar bisa dipublikasikan dan kemudian disitasi oleh

masyarakat luas.  Perpustakan juga perlu menyediakan sumber-sumber referensi baik tercetak maupun online untuk mendukung penulisan karya ilmiah yang berkualitas. Beliau berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan terus diadakan untuk memacu civitas akademika agar dapat menulis karya ilmiah yang berkualitas sehingga bisa menjadi bahan koleksi untuk institusional repository dan dibaca oleh masyarakat luas.

Acara webinar ini dibawakan oleh Duta Baca Perpustakaan, Henry Yunus Mahendra sebagai pembawa acara dan dipandu oleh M. Primiadji Rialihanto, SST, M.Kes sebagai moderator.

Narasumber webinar ini adalah Dr. Purwani Istiana, SIP,MA  Pustakawan Madya di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Beliau memaparkan materi berjudul Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. Dalam pemaparannya beliau mengupas bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik, berkualitas dan layak untuk dipublikasikan baik di institutional repository maupun jurnal. Beliau juga mengupas tentang kiat-kiat menulis karya ilmiah dan bagaimana mencari sumber referensi yang dapat dipercaya. Selain itu disampaikan juga tentang kebijakan Dikti bagi mahasiswa untuk mengunggah tugas akhir mereka di repository institusi yang terhubung dengan Rama Repository milik Dikti. Beliau menegaskan bahwa tujuan menulis karya ilmiah yang berkualitas adalah agar disitasi oleh masyarakat luas. Makin banyak disitasi makin baik karya ilmiah tersebut dan tentu saja hal itu membanggakan baik bagi penulis maupun institusinya.

Kegiatan ini berlangsung lancar dan menarik, terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir yaitu 327 orang dan merespon dengan pertanyaan-pertanyaan terkait materi untuk narasumber. Setelah sesi tanya jawab selesai diadakan foto bersama. Semua peserta mendapatkan link materi yang bisa diunggah secara mandiri dan juga mendapat e-sertifikat. Webinar ini selesai tepat pada pukul 11.00 WIB. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.